Selasa, 24 Agustus 2010

Tidak Semestinya

Kadang kehidupan berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan bahkan kehidupan juga bisa tidak berjalan sesuai apa yang kita upayakan.
Seringkali ketika ketidaksesuaian itu terjadi kehidupan sepertinya tidak memihak kepada kita, kita kecewa, terluka, sibuk menyalahkan segala faktor yang ada, yang sering kita sebut sebagai keadaan.

Lalu salahkah kita ketika merasa terluka, kecewa, dan mencari sesuatu untuk dipersalahkan atas segaka sesuatu yang berjalan tidak dalam jalur “semestinya”?
Tidak bolehkah kita mengeluh..atau berkata “ini tidak semestinya”??? Jawabannya tentu saja kita boleh kecewa,boleh terluka, namun kita tidak seharusnya untuk mengeluh dan sibuk menyalahkan keadaan.

Mengapa tidak? Karena hal itu hanya memperburuk keadaan kita yang sudah terlanjur tidak sesuai dengan keinginan dan harapan kita.

Lalu, harus bagaimana? Akan lebih baik jika kita renungi sejenak apa yang menjadikan hal tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita, cukup sejenak saja, karena jika terlalu lama menelaah penyebabnnya kita akan kehabisan waktu untuk meneruskan kehidupan kita. Setelah kita memahami penyebabnya, berjanjilah pada diri kita bahwa kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Atau jika merasa tidak ada yang salah dalam proses penelaahan kita, maka berjanjilah untuk senantiasa tampil maksimal dan mengembangkan diri kita untuk lebih baik dalam mem-proses setiap upaya yang kita lakukan.

Sulit memang untuk berproses maksimal dan terus lebih baik. Namun bukan hal yang tidakmungkin. Keyakinan bahwa kita bisa akan menggiring kita kearah prestasi yang kita inginkan, karena keyakinan tersebut akan memberikan energy lebih pada kita dalam proses pencapaiannya.




Apa yang tertera ini, aku tuliskan kita. Yang artinya aku, kamu, mereka, dia, kita semua, yang dalam kehidupan pernah bahkan sering menemukan kekecewaan dan sesuatu yang berjalan tidak semestinya.

Kehidupan ini berjalan terus seiring proses pembelajaran kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam setiap hari-harinya. Ketidak-semestian adalah jalan bagi kita untuk menjadi pribadi yang seharusnya. Tidak ada yang patut disalahkan, karena semuanya adalah hal terbaik dan yang ter-benar dari apa yang bisa diberikan oleh kehidupan untuk kita.

Selamat berjuang untukku dan untukmu, untuk kita semua manusia-manusia yang siap berkembang 

Tidak ada komentar: