Rabu, 13 Juli 2011

Kesetiaan

Kesetiaan…apakah itu?
Mama mengajarkanku makna sebuah kesetiaan terhadap Tuhan dan Cinta pada sesame manusia. Mama selalu berkata, janganlah kamu menjual agamamu demi apapun, tetaplah dijalanNya apapun yang terjadi.
Namun saat aq Tanya mengenai bagaimana kesetiaan terhadap sesame manusia, mama terssenyum, lalu dia berkata “ukurannya itu komitmen yang kita pegang hingga akhir masa hidup kita”. Mama membuktikannya, ia membawa cintanya pada Papa hingga ia tiada.

Selama perjalanan hidupku aq mempelajari makna kesetiaan tahap demi tahap. Mula-mula aq belajar bahwa kesetiaan adalah kepatuhan..ya kepatuhan pada perjanjian awal apapun itu yang telah dibuat, juga patuh pada perkataan yang sudah diucapkan.

Lalu berikutnya aku belajar lebih jauh bahwa kesetiaan adalah kemauaan dan kemampuan untuk menerima. Menerima akan konsekuensi apapun yang terjadi akibat perkataan atau perbuatan atau perjanjian yang telah dibuat.

Selanjutnya aq belajar bahwa kesetiaan adalah Komitmen, akumulasi dari kepatuhan dan penerimaan, satu hal lagi disini, kesetiaan juga mencakup perjuangan. Hal yang terakhir adalah hal yang sangat dibutuhkan, karena sesuatu yang kita patuhi dan terima harus selalu kita perjuangkan agar tetap pada koridor kebenaran dari perkataan atau janji kita.

Melihat definisi tersebut secara kata-kata lisan maupun tulisan, sepertinya amat mudah dipahami. Berbeda sekali ketika akan di implementasikan. Sangat sulit dan membutuhkan banyak pengorbanan. Betapa tidak, berbagai kesempatan lebih baik seringkali muncul dalam kehidupan kita, berusaha menggoyahkan komitmen yang telah dibuat, tapi karena sebuah kesetiaan, tidak boleh berpindah atau berpaling pada kesempatan yang lebih baik itu. Mungkin itu lah yang disebut sebagai godaan.

Aq masih tidak tahu apakah kesetiaan diperlukan pada semua aspek kehidupan ataukah justru hanya pada beberapa aspek saja. Karena ternyata jika diterapkan pada semua aspek kehidupan, malah justru membuat pelakuknya dikatai BODOH!!! Sebagai contoh, seorang pegawai yang telah bekerja disuatu tempat, lalu tiba-tiba ia mendapatkan tawaran lain yang segalanya jauh lebih baik diperusahaan lain, ia bertahan dengan alasan setia…pasti orang disekelilingnya akan berkata “kamu bodoh jika menolak!”

Begitupun sebaliknya, sebuah perusahaan yang memiliki karyawan yang sangat setia, tiba-tiba diharapkan pada karyawan dengan kinerja yang lebih baik dengan upah yang sama dengan karyawan loyal yang ia miliki, maka jika perusahaan tersebut mempertahankan orang tersebut ia disebut bodoh? Ataukah ketika ia mengganti karyawan tersebut, perusahaan disebut tidak setia?? 

Dua persoalan itu tentu saja berbeda, ketika karyawan berpindah ke perusahaan yang lebih baik, sering kali ia dikatakan pengkhianat atau tidak setia. Sedangkan untuk perusahaan mengganti orang lain yang lebih baik itu merupakan RASIONAL..look closely perbedaannya..

Dengan kedua hal tersebut, aq juga menganaloogikan hal tersebut pada persoalan hubungan manusia, sebutlah hubungan asmara. Kadang masih aq mendengar cerita bahwa kesetiaan dalam hubungan kasih sulit adanya, mengingat bertaburan lautan kesempatan diluar sana, yang kadang jauh lebih baik dari kesempatan yang dimiliki saat sekarang. Kasus ketidak-setiaan banyak ditemukan pada lelaki, dimana ada kodrat padanya yang menyatakan bahwa kecenderungan lelaki memang mendua (kutipan puisi pak Habibie).

Lalu apakah sifatnya sama, ketika perempuan yang mendua itu dikatakan tidak setia, sedangkan lelaki disebut sebagai Rasional??? Hal itupun masih menjadi big question bagiku..dalam beberapa jawaban, aq menemukan pernyataan “lelaki selingkuh wajar, sedang perempuan keterlaluan” itu masih banyak. Beberapa ada yang menjawab kedua-duanya, tidak perduli jenis kelamin, itu tetap salah jika melakukan pengkianatan atau selingkuh. Ehm…dalam opiniku sendiri, aq lebih mendukung pernyataan kedua, bagiku keduanya sama bersalahnya.

Kesetian oh kesetiaan…masih harus aq menemukan arti sesungguhnya darimu..dan semoga aq dapat menemukanmu dalam setiap komitmen yang aku jalani, apapun itu :D

Tidak ada komentar: